100 Bug Doodles

100 Bug Doodles

Sejarah Selain ruang, konsep penting dalam sejarah itu adalah .....

Selain ruang, konsep penting dalam sejarah itu adalah .....

Dalam sejarah dikenal dengan adanya unsur-unsur konsep yang harus dipenuhi untuk dikatakan sebagai sejarah. Selain konsep ruang, terdapat konsep yang penting lainnya dalam sejarah, konsep tersebut adalah konsep manusia dan konsep waktu.

Pembahasan:

Menurut Ibnu Khaldun mendefinisikan sejarah merupakan sebagai suatu penjelasan yang secara logis dan cerdas mengenai berbagai sebab akibat serta asal usul dari terjadinya suatu peristiwa. Selain itu, ilmu dalam sejarah mempelajari tentang alasan-alasan mengapa peristiwa itu dapat terjadi.

Dalam ilmu sejarah memiliki tiga konsep penting, yakni:

  • Manusia. Merupakan sebagai unsur terpenting dalam sejarah adalah manusia. Karena memiliki peran yang sangat kompleks, sehingga bisa menjadi objek maupun subjek dalam menentukan berbagai peristiwa dan kejadian pada ilmu sejarah.
  • Ruang. Dalam sejarah menjadikan ruang atau tempat yang menunjukkan suatu aspek geografis atau lokasi peristiwa. Geografi ini akan meninjau berbagai aktivitas manusia serta peristiwa.
  • Waktu. Salah satu konsep ini memiliki peran penting, karena dapat memberikan informasi mengenai kapan dari suatu peristiwa sejarah itu terjadi. Biasanya dalam sebuah cerita atau sejarah pada masa lalu akan memberikan penjelasan secara rinci mulai dari awal terjadinya hingga proses berakhirnya.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang konsep-konsep penting sejarah dapat disimak di https://brainly.co.id/tugas/1650888

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

[answer.2.content]